Aksi di Rektorat, Mahasiswa IAIN Kendari Minta Kejelasan Penggunaan Uang Wisuda

0
188
Aksi di Rektorat, Mahasiswa IAIN Kendari Minta Kejelasan Penggunaan Uang Wisuda
Mahasiswa IAIN Kendari saat memblokade jalan Pelataran Kampus. (Dendi/FB.Net)

KENDARI, SULTRA — Sejumlah Mahasiswa IAIN Kendari yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Melawan Takdir (KMMT) melakukan aksi demonstrasi di depan Rektorat dan memblokade jalan Pelataran Kampus IAIN Kendari, Jumat (06/11/2020).

Aksi ini merupakan bentuk protes terhadap biaya uang wisuda di tengah pandemi Covid-19 dan kejelasan model wisuda IAIN Kendari.

Kordinator Aksi, Fahrul Rizal mengungkapkan bahwa kebijakan Rektor IAIN Kendari yang memungut uang Wisuda sebanyak Rp450 ribu di tengah Pandemi Covid-19 merupakan tindakan kejahatan yang terorganisir.

“Ditambah lagi model wisuda IAIN Kendari yang diselenggarakan dengan sistem online, namun ada 24 mahasiswa yang ikut wisudah secara Offline di hotel berbintang yang ada di Kendari,” ungkapnya dalam orasinya, Jumat (06/11/2020).

Eks Mentri Pergerakan IAIN Kendari, Beni Putra Lamangga mengatakan, kegiatan ini bukan untuk wisuda mahasiswa melainkan menjemput kedatangan Sekjen Kementerian Agama dalam kunjungan kerjanya di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Untuk itulah pimpinan kampus mencoba melobi kemudian dapat menyampaikan orasi ilmiahnya pada saat prosesi wisuda sehingga jadwal wisuda yang seharusnya tanggal 8 November dimajukan tanggal 7 November, karena kedatangan Sekjen Kementerian Agama,” katanya.

Diungkapkannya pula pihak birokrasi selalu beralasan bahwa wisuda menggunakan sistem daring, namun ini menjadi anomali ketika imbauan pemerintah tidak diterapkan oleh pimpinan kampus.

“Atas dasar inilah kami yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Melawan Takdir (KMMT) IAIN Kendari akan terus menggugat sampai tercapainya keadilan,” teriaknya.

Ia pun menegaskan, jika Rektor tidak mengindahkan demonstrasi tersebut, pihaknya akan menggelar aksi di hotel berbintang di Kota Kendari, tempat diselenggarakannya kegiatan itu.

“Kami akan membuat kuributan di tempat dimana berlangsungnya Birokrasi IAIN Kendari menikmati uang wisuda online Mahasiswa IAIN Kendari,” tegasnya.(#)

Reporter: Dendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here