968 Warga Andoolo dan Andoolo Barat Terima Sertifikat Tanah

0
153
968 Warga Andoolo dan Andoolo Barat Terima Sertifikat Tanah
Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat menyerahkan sertifikat tanah PTSL kepada warga. (Ricky/FB.Net)

KONAWE SELATAN, SULTRA — Total sebanyak 968 Warga Kecamatan Andoolo dan Kecamatan Andoolo Barat menerima sertifikat tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Sertifikat diserahkan langsung Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST., MM pada hari yang sama di waktu dan tempat yang berbeda, Selasa (15/07/2020).

Rinciannya, 303 sertifikat untuk wilayah Kecamatan Andoolo Barat meliputi 150 di Desa Watumokala, 153 di Desa Anese. Dan 665 sertifikat diberikan ke warga Kecamatan Andoolo dengan jumlah masing-masing, 95 sertifikat bagi warga Desa Andoolo, 232 di Desa Lalobao, 239 di Desa Lalonggombu dan 99 sertifikat untuk warga Desa Wunduwatu.

Bupati dikesempatan itu menyampaikan bahwa pemberian sertifikat merupakan hasil sinergi antara Pemerintah Daerah dengan BPN sebagai implementasi dari Konsep Desa Maju yang tertib administrasi, salah satunya penertiban sertifikat kepemilikan tanah.

Juga sebagai bukti kepedulian  pemerintah terhadap hak kepemilikan masyarakat. Kata dia, dibuktikan dengan diberikannya lahan negara secara gratis kepada warga melalui program PTSL dan Redist yang selanjutnya diakui secara hukum dalam bentuk sebuah sertifikat berharga.

Yang menurutnya bisa bernilai lebih jika lahan yang tersertifikasi ditanami tanaman perkebunan yang bernilai ekonomis tinggi, seperti jeruk, kelapa, dan lain-lain dengan tujuan untuk mendorong taraf hidup masyarakat itu sendiri secara berkelanjutan.

“Selamat kepada penerima sertifikat, simpanlah baik-baik. Saya imbau agar lahan tidur bisa diolah, karena tidak ada cara lain meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat selain memaksimalkan lahan yang ada dengan konsisten,” imbau Surunuddin.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Surunuddin juga mengimbau warga untuk tidak meremehkan wabah Covid-19 sekaligus berpesan agar dalam beraktifitas menghadapi New Normal tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti jaga jarak, pakai masker dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.(*)

Kontributor: Ricky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here