2021, Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu di Kemenag Baubau Siap Dibangun

0
400
Peninjauan lokasi persiapan pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Kota Baubau. (Foto: Ist)

BAUBAU, SULTRA — Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. La Maidu, meninjau lokasi persiapan pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di lingkungan Kemenag Baubau, yang administrasinya telah diajukan.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka Kan Kemenag) Kota Baubau H. Rahman Ngkaali, usai mendampingi Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Sultra H. La Maidu, saat kunjungan di lokasi persiapan pembangunan PLHUT Kantor Kemenag Baubau, Selasa (11/08/2020).

“Pembangunan PLHUT yang Insya Allah di Tahun 2021, semata untuk layanan Kemenag pada umat terkhusus layanan Haji dan Umrah, sehingga harapan kita semua berjalan lancar sesuai dengan program kita di Kementerian Agama,” ujarnya.

Sebelumnya ketika dikonfirmasi, Humas Kemenag Baubau, Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Sultra H. La Maidu mengatakan, kehadirannya di Kantor Kemenag Kota Baubau untuk memastikan kesiapan lokasi pembangunan PLHUT yang sudah programkan pihaknya di tahun 2021.

“Persiapan lokasi kenapa harus dipastikan, karena harus betul memenuhi syarat,” katanya.

Pasalnya, pembangunan pusat layanan haji dan umrah terpadu ini adalah anggaran SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) yang kegiatannya tidak bisa direlokasi atau dipindahkan ke tempat lain.

“Kita ingin memastikan di Kemenag Baubau lokasi bersertifikat siap sebagai syarat pengajuan administrasi,” jelas H. La Maidu.

Sehingga lanjutnya, ketika ada tim survei dari Direktorat Jenderal (Ditjen) penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, bisa memastikan Kemenag Kota Baubau telah siap menyelenggarakan program pembangunan Layanan Haji dan Umrah.

“Bahwa lokasi siap dalam kaitan hubungan adminstrasi yaitu bersertifikat sebagai persyaratan pengajuan proposal pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT),” ungkap H. La Maidu.

Pantauan di lapangan, Kabid PHU bersama rombongan didampingi Kepala Kemenag Baubau dan jajarannya diantaranya Kasubbag TU, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah beserta sejumlah Jajaran JFU PHU serta Kasi Bimas Islam.

Kunjungan ini berkaitan dengan kegiatan verifikasi lokasi pembangunan PLHUT di Kemenag Baubau, Anggaran SBSN Tahun 2021, Program Ditjen PHU Kementerian Agama RI.

[TIM]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here