2021, Konkep Siap Pekerjakan Ratusan Anak Daerah

0
185
2021, Konkep Siap Pekerjakan Ratusan Anak Daerah
Rumah Produksi Kelapa dan Rumah Kemasan Air Mineral di Desa Lamoluo, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konkep, pembangunannya sudah berjalan sampai 40 persen. (Foto: Ist)

KONAWE KEPULAUAN, SULTRA — Kegiatan pembangunan Rumah Produksi Kelapa dan Rumah Kemasan Air Mineral di Desa Lamoluo, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), kini telah berjalan sampai 40 persen, dengan total anggaran senilai Rp14,2 Miliar. Dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut ditargetkan akan rampung dengan waktu pengerjaan yaitu 120 hari.

Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop), Abdul Pattah menjelaskan bahwa anggaran tersebut yang sebelumnya Rp14,2 Miliar, namun dipotong hingga tersisa Rp6,2 Miliar, karena adanya Covid-19.

“Sebenarnya yang tertulis di papan nama kegiatan itu Rp3.9 Miliar tetapi terklop-klop atau banyak kegiatan sehingga mencapai angka Rp6,2 Miliar. Dengan rumah produksi kelapa yang kita lagi bangun saat ini. Iya, yang dulunya Kelapa seharga Rp500 per biji mungkin bisa kita naikkan sampe Rp1000 per biji. Yang perlu masyarakat Konkep ketahui Kelapa yang di Wawonii ini mulai dari batang, sabuk, tempurung, daun dan lainnya sudah bisa kita kelola sendiri,” jelasnya ditemui di ruangan kerjanya beberapa waktu lalu.

Lanjut Kadis Perindagkop mengatakan bahwa untuk 2021 akan diadakan peluncuran anggaran yang tersisa dari anggaran sebelumnya yaitu Rp4,9 Miliar. Jadi dianggarkan Rp4,9 Miliar semua sudah terinci seperti mesin pembuat air mineral atau air kemasan.

“Sebelumnya, saya sudah memaparkan ke Bappeda tentang air mineral yang setiap saatnya datang kapal, itu ada ratusan air meneral yang masuk Konkep entah itu dalam bentuk Aqua atau pun yang lainnya, jadi untuk tahun depan kita sudah bisa memproduksi air mineral atau yang biasa orang katakan Aqua botol dan Aqua gelas untuk penambahan PAD,” katanya.

Lanjut Kadis Perindagkop, dengan adanya rumah produksi Kelapa dan kemasan air mineral secara langsung PAD Konkep akan meningkat serta bisa mempekerjakan ratusan orang tersebut dan kegiatan ini akan dikelola langsung oleh Perusahaan Daerah (Perusda).

“Ketika sudah berjalan kegiatan tersebut maka yang akan kerja didalamnya yaitu anak daerah sendiri, dan untuk tekhnisnya pun akan lakukan pelatihan sebelumnya agar kita tidak lagi mengambil pekerja dari luar. Sebelumnya sempat saya ketemu Kepala Bappeda agar segera dihidupkan Perusda agar semua kegiatan tidak semua dinas yang kelola, dan alangkah baiknya Perusda dari pada dipihak ketigakan,” pungkasnya.(*)

Kontrubutor: Aan Ahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here